Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP Muhammadiyah Wonopringgo
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester :
VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Shalat Jum’at
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (9 x 40 menit)
A.
KOMPETENSI
INTI
1. KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2. KI 2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. KI.3 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian yang
tampak mata.
4. KI.4
Mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori)
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
|
1
|
1.6
|
Menunaikan shalat Jumat
sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Jumu’ah /62: 9
|
|
2
|
3.10
|
Memahami
ketentuan salat
Jumat
|
1. menjelaskan pengertian salat Jumat.
2.
menjelaskan hukum dasar salat Jumat
3.
menjelaskan syarat mendirikan salat Jumat.
4.
menerangkan perbuatan sunnah yang terkait dengan Salat Jumat
5.
menerangkan beberapa halangan melaksanakan Salat Jumat.
|
3
|
4.11
|
Mempraktikkan salat Jumat
|
1.
menunjukkan contoh pelaksanaan Salat Jumat
2. mempraktikkan Salat Jumat
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Peserta didik dapat:
- menunjukkan
tata cara salat Jumat.
- melaksanakan
salat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Jumu’ah
/62: 9.
- menjelaskan
pengertian salat Jumat.
- menjelaskan hukum dasar salat Jumat
- menjelaskan
syarat mendirikan salat Jumat.
- menerangkan
perbuatan sunnah yang terkait dengan Salat Jumat
- menerangkan beberapa halangan
melaksanakan Salat Jumat.
- menunjukkan
contoh pelaksanaan Salat Jumat
- mempraktikkan Salat Jumat
D.
MATERI PEMBELAJARAN:
1.
Pertemuan 1
-
2.
Pertemuan 2
-
3.
Pertemuan 3
-
4.
Tayangan/model/ilustrasi tata cara salat
Jumat.
5.
Kegiatan pelaksanaan salat Jumat
sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Jumu’ah /62: 9.
6.
pengertian salat Jumat.
7.
hukum dasar salat Jumat
8.
syarat mendirikan salat Jumat.
9.
perbuatan sunnah yang terkait dengan Salat
Jumat
10. beberapa halangan melaksanakan Salat Jumat.
11.
contoh pelaksanaan Salat Jumat
12. praktik Salat Jumat
E.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan
Scientific
2.
Model
pembelajaran Contextual Teaching
and Learning dan Direct
Instruction
3.
Metode diskusi, drill, dan demontrasi
F.
SUMBER BELAJAR
1.
Kitab
al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.
Buku
teks siswa PAI SMP Kelas VII
3.
Buku lain yang memadai.
G. MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media
a.
Video
Pembelajaran
b.
Gambar atau
tulisan manual di papan tulis
2.
Alat
a.
Komputer
b.
LCD
Projector
c.
Karton
atau kertas besar, spidol, whiteboard, dll
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan
( 10 menit )
a.
Pembelajaran dimulai dengan guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b.
Guru memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan program
pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian,
posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Memotivasi peserta didik dengan kegiatan
yang ringan, seperti cerita motivasi.
e.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
f.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif
materi sebelumnya dan mengaitkan materi empati, hormat kepada kedua orang
tua dan guru
g.
Guru membagi
peserta didik dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan inti ( 100 menit)
Mengamati
·
Mengamati dan memberi komentar gambar atau
tayangan yang terkait dengan shalat
Jumat.
·
Menyimak dan membaca penjelasan mengenai tata cara shalat Jumat.
·
Membaca dalil naqli mengenai shalat Jumat.
Menanya
·
Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat Jumat.
·
Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata
cara pelaksanaan shalat Jumat.
Eksperimen/explore
·
Secara berkelompok mencari data dari berita
atau informasi tentang ketentuan shalat Jumat.
·
Mendiskusikan tata cara shalat
Jumat.
·
Mendiskusikan manfaat
shalat Jumat.
Asosiasi
·
Membuat analisis tata cara shalat Jumat.
·
Membuat
analisis tentang halangan shalat Jumat.
·
Merumuskan manfaat shalat Jumat.
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan tatacara shalat Jumat.
·
Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan shalat Jumat.
·
Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat Jumat.
·
Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
·
Merumuskan kesimpulan.
3.
Penutup
a.
Dibawah bimbingan
guru, peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok
“terbaik”, yakni:
- Kelompok yang benar dalam memaparkan hasil diskusinya.
- Kelompok yang paling baik dalam menanggapi pertanyaan dari kelompok
lain.
d.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
I.
PENILAIAN
1.
Sikap
spiritual
a. Teknik
Penilaian : Pengamatan
b. Bentuk
Instrumen : Lembar pengamatan
c. Kisi-kisi : indikator
penilaian aktivitas diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Skor Maks
|
NIlai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
Keterangan:
T :
Tuntas mencapai nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )
TT :
Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R :
Remedial
P :
Pengayaan
d. Aspek dan rubrik penilaian:
1.
Kejelasan dan kedalaman informasi
a.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 10.
2. Keaktifan dalam diskusi
a.
Jika kelompok tersebut berperan sangat
aktif dalam diskusi, skor 30.
b.
Jika kelompok tersebut berperan aktif
dalam diskusi, skor 20.
c.
Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam
diskusi, skor 10.
3. Kejelasan dan kerapian presentasi
a.
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b.
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c.
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
2.
Sikap
sosial
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
NO
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya harus selalu mengerjakan ¡alat Jumat.
|
||
2.
|
Saya yakin bahwa ¡alat Jumat akan menghapus dosa-dosa kecil yang
saya perbuat.
|
||
3.
|
Saya akan mengajak teman-teman untuk mengerjakan ¡alat Jumat.
|
||
4.
|
Saya akan mendengarkan khatib saat berkhotbah.
|
||
5.
|
Saya yakin dengan mengerjakan ¡alat Jumat akan tumbuh persatuan
dan kesatuan.
|
||
6.
|
Saya selalu melaksanakan ¡alat ta¥iyatul masjid.
|
||
7.
|
Saya yakin bahwa dengan melaksanakan ¡alat Jumat persatuan dan
kesatuan akan terbina.
|
||
8.
|
Saya yakin kalau berbicara pada saat khotbah ¡alat Jumat saya
sia-sia
|
||
9.
|
Saya yakin bisa memenuhi ketentuan-ketentuan ¡alat Jumat
|
||
10.
|
Saya yakin ¡alat Jumat yang saya lakukan ada manfaatnya.
|
3.
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :Tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi :
Terlampir
d. Instrumen penilaian :
Jawablah soal berikut
ini sesuai dengan pernyataan!
1.
Apa yang kamu ketahui tentang salat Jumat?
2.
Mengapa laki-laki diwajibkan salat Jumat?
3.
Siapakah yang boleh jadi khatib?
4.
Sebutkan syarat-syarat salat Jumat!
5.
Jelaskan tata cara salat Jumat!
6.
Sebutkan orang-orang yang membolehkan
untuk tidak salat Jumat!
7.
Sebutkan sunat-sunat salat Jumat!
8.
Apa yang harus dilakukan apabila tidak
melaksanakan salat Jumat karena berhalangan?
9.
Sebutkan larangan saat khatib sedang
berkhotbah!
10.
Jelaskan hikma salat Jumat!
4.
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Performance
b. Bentuk
Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
Indikator
Penilaian
|
|
Mempraktikkan
shalat jum’at
|
Praktikkan
tatacara shalat jum’at dengan baik dan benar!
|
Ø Kesesuaian
gerakan Shalat Jum’at
Ø Kesesuaian
bacaan shalat Jum’at
Ø Ketertuban
ketentuan shalat Jum’at
|
Pekalongan,
|
||
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
...........................................
NIP.
....................................
|
Guru Mata Pelajaran,
..............................................
NIP.
...................................
|
No comments:
Post a Comment